Ada apa sih di Bogor


Bogor  adalah sebuah kota di Provinsi Jawa BaratIndonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 1.030.720 jiwa (2014). Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 Kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 68 Kelurahan. Pada masa Kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram".
Hari jadi Kabupaten Bogor dan Kota Bogor diperingati setiap tanggal 3 Juni, karena tanggal 3 Juni 1482 merupakan hari penobatan Prabu Siliwangi sebagai raja dari Kerajaan Pajajaran.
Bogor (berarti "enau") telah lama dikenal dijadikan pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional. Di sinilah berbagai lembaga dan balai penelitian pertanian dan biologi berdiri sejak abad ke-19. Salah satunya yaitu, Institut Pertanian Bogor, berdiri sejak awal abad ke-20.
Kota Bogor memiliki banyak icon wisata, salah satunya Kebun Raya Bogor yang dikelilingnya mulai dijadikan sarana olahraga baru "Jogging" oleh warga Bogor semenjak wali kota Bima Arya membenahi pedestrian di sekeliling Kebun Raya Bogor menjadi lebih lebar dan lebih menarik.
                Tempat wisata yang menjadi icon kota bogor seperti:
Kebun Raya Bogor
Sebuah kebun penelitian besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Luasnya mencapai 80 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, terutama hari Sabtu dan Minggu. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi, dan IPB.
Istana Bogor
Salah satu dari enam 
Istana Presiden Republik Indonesia yang mempunyai keunikan tersendiri. Keunikan ini dikarenakan aspek historis, kebudayaan, dan fauna yang menonjol. Salah satunya adalah adanya rusa-rusa yang indah yang didatangkan langsung dari Nepal dan tetap terjaga dari dulu sampai sekarang.
Prasasti Batutulis
Prasati peninggalan zaman Kerajaan Padjadjaran yang ditulis dalam bahasa aksara sunda kuna yang isinya menyebutkan Raja Pakuan Padjadjaran yang bernama Prabu Purana dinobatkan kembali dengan nama Sri Paduka Maharaja Ratu Haji dalam tahun yang tidak dapat dipastikan dikarnakan rusaknya prasasti, sehingga ada berbagai macam penafsiran. Prasasti ini disimpan di tepi jalan raya Batutulis, Bogor, sekitar 2 km dari pusat kota
Tugu Kujang merupakan simbol yang melambangkan kota Bogor yang wujudnya diambil dari sebuah senjata pusaka yang berasal dari Jawa Barat. Tugu Kujang dibangun pada 4 Mei 1982 pada masa pemerintahan walikota Achmad Sobana dengan biaya pembangunan mencapai 80 juta. Tinggi Tugu kujang kira-kira sekitar 25 meter dari permukaan tanah dengan seluas 26 meter x 23 meter. Tugu Kujang terletak di simpang tiga jalan raya Padjajaran, Otista, dan Baranangsiang.
Selain itu bogor pun mempunyai keindahan alam seperti  curug(air terjun). Curug alias air terjun adalah salah satu jenis objek wisata yang akan banyak kamu temukan di Bogor. Ada belasan air terjun yang ada di Bogor. Itu belum termasuk yang masih invisible dan keberadaannya belum diketahui oleh orang
Beberapa air terjun yang ada di Bogor sudah dikelola sedemikan rupa untuk menjadi sebuah tempat wisata mainstream dan komersial. Beberapa masih benar-benar alami dan hanya dikunjungi oleh mereka yang memiliki minat khusus. Biasanya adalah pecinta alam atau mereka yang benar-benar menyukai tempat anti mainstream. Berikut adalah curug yang menjadi favorit bagi pengunjung:

·         Curug Bidadari
curug bidadari

·         Curug Cilember
Curug-Cilember


·         Curug Leuwi Hejo 
https://wisatalengkap.com/wp-content/uploads/2017/03/l14922-2.jpgPhoto by bolehtanya.com
Lokasi: Cibadak, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat
·         Curug Leuwi Lieuk
https://wisatalengkap.com/wp-content/uploads/2017/03/16583749_338879933179053_2688356889699287040_n-4.jpg
Photo by @chepybennington
Lokasi: Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor
·         Curug Cibaliung


https://wisatalengkap.com/wp-content/uploads/2017/03/panorama-curug-cibaliung-bogor.jpg
Photo by Piknikasik.com
Lokasi: Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Kabupaten Bogor.
·         Curug Barong
https://wisatalengkap.com/wp-content/uploads/2017/03/Curug-Barong-2.jpg
Photo by frisman-armando.blogspot
Lokasi: Pabuaran, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat
·         Curug Ciburial
https://wisatalengkap.com/wp-content/uploads/2017/03/14676559_266387863756661_8069017353200861184_n-3.jpg
selain keindahan wisata alam, bogor pun memiliki makanan khas daerah yang cocok sekali untuk dijadikan oleh-oleh, jika anda berkunjung ke bogor anda wajib mencoba makanan-makanan berikut:

·         ROTI UNYIL
Roti Unyil, Makanan Khas Bogor
Roti Unyil, kalau kita mendengar sekilas tentang nama tersebut memang cukup unik ya. Mungkin orang yang mencetuskan nama tersebut dapet inspirasi dari tokoh Unyil yang sering kita lihat di TV 😛 Roti ini punya bentuk yang kecil, jadi emang kelihatan lebih spesial karena cukup beda sama roti-roti pada umumnya. Alasan diberikan nama Unyil, Karena roti ini memiliki bentuk yang kecil dan hanya perlu satu suap saja untuk di makan. Rasa lezat dan bentuknya yang unik membuat roti ini paling terkenal dan digemari banyak masyarakat loh 🙂
·         MIE GLOSOR
Mie Glosor, Makanan Khas Bogor
Mie Glosor biasa dijadiin buat menu berbuka puasa untuk umat Muslim di kota Bogor. Mie ini biasa disajikan sama sambal kacang dan dilengkapi dengan kerupuk mie dan gorengan. Ciri khas dari mie glosor yaitu mienya berwarna kuning keemasan karena menggunakan bahan dasar dari tepung singkong dan kunyit sebagai campurannya. hmm Yummy! 😀
·         GEPUK KARUHUN
Gepuk Karuhun, Makanan Khas Bogor
Dilihat dari namanya, gepuk karuhun memang cukup unik tetapi memiliki arti yang bagus. Karuhun berarti leluhur, jadi makanan gepuk karuhun ini merupakan makanan yang sudah turun temurun. Gepuk karuhun sering disebut empal namun perbedaannya terletak pada pengolahannya.
·         TOGE GORENG
Toge Goreng, Makanan Khas Bogor
Melihat dari namanya, makanan khas Bogor yang satu ini kaya jenis makanan yang digoreng. Padahal sebenarnya gak digoreng sama sekali loh, melainkan direbus tetapi menggunakan wajan dan serok. Kemudian cara merebusnya, toge ditaruh diatas serok dan direbus dengan sedikit air. Selain toge, bahan dasar lain dari makanan yang satu ini yaitu mie kuning, ketupat dan tahu goreng.
·         ASINAN BOGOR
Asinan Buah, Makanan Khas Bogor
Makanan khas Bogor yang satu ini udah terkenal banget dibanding jenis makanan khas yang lain. Proses pembuatannya yaitu diasinkan dengan garam atau dengan diasamkan menggunakan cuka. Rasa dari makanan khas Bogor yang satu ini punya ciri khusus yaitu rasanya pedas namun juga ada asamnya. Pada bulan puasa makanan ini sangat laris karena sering digunakan sebagai menu buka puasa.
Referensi:
https://id.wikipedia.org


Comments

Popular posts from this blog

perkembangan teknologi

Link Kelas

Website Fakultas dan Jurusan di Telkom University